Sunday, February 14, 2016

Cara kerja ethernet atau Lan card


Di dunia computer “Ethernet” seringkali bahkan sebagian besar kita pernah mendengar satu kata ini. Ethernet sendiri merupakan jaringan yang semacam dengan LAN, yang cara kerjanya hanya menghubungkan proses transmisi antar computer atau hanya satu ruangan saja yang terdiri dari computer-komputer yang terhubung dalam satu penghubung.
Kabel Ethernet
Kabel Ethernet
Jaringan Ethernet sendiri merupakan sebuah jaringn yang termasuk family atau keluarga teknologi jejaring komputer yang hanya merambah jaringan wilayah setempat atau area kecil saja seperti halnya fungsi dari LAN. Dan Ethernet sendiri juga merupakan atau termasuk sebuah teknologi yang namanya sudah merambah kemana-mana alias dikenal oleh masyarakat luas sebagai jaringan yang berbentuk interface, yang mana juga digunakan sebagai konektivitas perangkat computer ataupun laptop, bisa dikatakan dengan penjelasan lain “Ethernet” juga merupakan sebuah teknologi jaringan yang sudah memakai atau menggunakan metode transmisi Baseband yang juga mengirimkan atau mentransfer sinyal secara serial dengan satu waktu.
Ethernet LAN Diagram
Ethernet LAN Diagram
Dan Ethernet juga menggunakan metode control dengan akses media berbentuk Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection yang mana rtinya adalah untuk menentukan stasiun atau suatu tempat yang bisa digunakan untuk mentransmisikan data dengan waktu tertentu dengan menggunakan atau melalui media yang dipakai.
Dan dalam jenis- jenis etehrnet sendiri apabila dilihat dari kecepatannya,
Ethernet itu bisa dibagi menjadi empat kategori atau jenis, yaitu sebagai berikut :
  • 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Kalau jenis standar ini tidak banyak diimplementasikan.
  • 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, atau yang sering dikenal juga sebagai Gigabit Ethernet maksudnya standar yang dipakai adalah 1000BaseT,1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX.
  • 100 Mbit/detik atau yang dikenal sebagai Fast Ethernet maksudnya standar yang dipakai adalah 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX
  • 10 Mbit/detik, atau yang sering dikenal sebagai Ethernet saja maksudnya standart yang digunakan adalah 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF.
Selain itu Ethernet juga memiliki Prinsip Kerja, dan prinsip Ethernet dalam pekerjaannya memakai prinsip metode Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection atau bisa disingkat CSMA / CD maka Cara kerja dari CSMA / CD sendiri itu adalah :
  1. Semua perangkat itu mempunyai hak akses yang sama pula. Nah, ketika perangkat itu akan mentransfer atau mengirim data-data, maka perangkat itu akan melakukan pendeteksian pada program, apakah media transmisi itu sedang dipakai atau tidak, nah, iniah ini yang disebut Carrier Sense.
  2. Apabila media transmisi itu sedang dipakai maka perangkat yang digunakan itu akan menunggu, akan tetapi perangkat itu akan menunggu dengan waktu tunggu yang berbeda-beda untuk setiap perangkat. Bila media itu tidak diperlukan lagi, maka perangkat itu akan mentransfer atau mengirimkan data ke tujuannya.
  3. Apabila 2 perangkat mentransfer data pada waktu bersamaan, makayang akan terjadi adalah sebuah tabrakan atau bisa dibilang collosion. Neh, sebagai Perangkat pengirim, itu kemudian melakukan pendeteksian collosion tersebut dan kemudian mengirimkan atau mentransfer jam sinyal untuk semua perangkat dalam suatu jaringan, untuk mengkode bahwa ada yang terjadi sebuah tabrakan.
  4. Dan terakhir adalah Kedua perangkat yang sedang mentransfer data secara berbarengan alias bersamaan, itu menunggu untuk beberapa saat saja dengan waktu tunggu yang telah diacak dengan tujuan agar terjadi adanya perbedaan waktu di antara keduanya.Bila perangkat dengan waktu tunggu tersebut sudah finish atau selesai, maka perangkat itu bisa mengirimkan atau mentrasfer kembali data tersebut

Reactions:

0 comments:

Post a Comment