Tuesday, July 25, 2017

Apa Itu Docker?

Hasil gambar untuk docker
Pengertian Docker
   Docker merupakan project opensource yang menyediakan platform terbuka dalam bentuk teknologi virtualisasi berbasis container, ditujukan bagi para developer maupun sysadmin untuk dapat membangun, membundel dan menjalankan aplikasi dimanapun dalam satu container yang ringan.
Mirip seperti Virtual Machine (VM) namun lebih ringan karena Docker tidak membawa keseluruhan sistem operasi, melainkan berbagi sistem dengan host induknya.
   Docker mempunyai tagline "Build, Ship and Run Any App, Anywhere" yang kira-kira artinya kita bisa membuat, mendistribusikan dan menjalankan aplikasi pada berbagai platform.
   Docker menyatukan perangkat lunak/software dalam filesystem lengkap yang berisi semua yang diperlukan untuk menjalankannya : source code, paket sistem untuk runtime, perangkat sistem, sistem pustaka software - apa pun yang dapat diinstal pada server. Hal ini menjamin bahwa perangkat lunak akan selalu berjalan sama, tidak tergantung pada dari lingkungannya. Sebagai contoh, jika aplikasi sudah berjalan dengan baik pada Docker berbasis Linux SUSE, sistem yang sama akan berjalan dengan baik pula pada Docker berbasis Linux Ubuntu, Linux Red Hat, CentOS maupun lainnya. Pada perkembangan terkini, Docker bahkan bisa dijalankan diatas sistem Windows maupun MacOS.

Sumber
Reactions:

0 comments:

Post a Comment